Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cetak Desain Undangan Pernikahan agar Lebih Hemat

 Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya pernikahan sangat besar. Salah satu yang menjadikan biaya cukup besar, yakni proses pencetakan desain undangan pernikahan yang diinginkan. Terkadang, desain yang digunakan punya banyak warna sehingga biaya yang dikeluarkan bertambah.



Hal ini tentu menyulitkan sebagian orang dengan dana terbatas. Tapi, sekarang tak perlu khawatir. Masih ada beberapa pertimbangan yang bisa dilakukan agar biaya cetak undangan tidak terlalu mahal. Penasaran apa saja tipsnya? Simak ulasan berikut ini secara lengkap, ya.

1. Mencari Template Desain Undangan

Cara pertama yang bisa dilakukan agar desain undangan pernikahan tidak memakan biaya yang besar ketika dicetak, yakni dengan memilih template desain undangan pernikahan. Kamu bisa mencarinya di Canva ataupun Pinterest. Di sana sudah terdapat banyak template yang bisa digunakan secara gratis.

Memang, desainnya sangat sederhana dan simpel. Tapi, hal tersebut sangat berpengaruh untuk memangkas sekian biaya yang diperlukan untuk mencetak undangan pernikahan. Cetakan yang sederhana, biasanya harga cetaknya juga sangat murah. Kamu bisa berhemat dengan cara ini.

2. Menggunakan Kertas Tipis dan Minimalis

Tips kedua adalah dengan memilih kertas yang tipis serta minimalis. Terkadang, kertas yang tebal untuk undangan pernikahan, memakan sangat banyak biaya. Pasalnya, harga dari kertasnya saja sudah cukup mahal. Apalagi jika digunakan untuk kebutuhan undangan pernikahan.

Mintalah tempat percetakan untuk menggunakan kertas yang tipis dan minimalis saja. Dengan begitu, kamu bisa memangkas sekian rupiah untuk biaya cetaknya. Hal yang penting bukanlah dari sisi undangan, melainkan dari sisi suksesnya acara pernikahan dan langgengnya rumah tangga. Esensinya di situ.

3. Kerjakan Hampir Semua Hal Terkait Undangan dengan Pasangan

Ini juga merupakan tips agar kamu tak makan banyak biaya percetakan. Biasanya, biaya untuk melipat dan mengantarkan, harus dilakukan oleh orang lain. Tentu saja, harus ada biaya yang dikeluarkan. Agar tak banyak makan biaya, lakukan saja bersama pasangan.

Kamu bisa melipatnya dengan pasangan dan jika memungkinkan, kamu bisa mengantarkannya sendiri ke beberapa keluarga dan sanak saudara. Dengan begitu, ada biaya lain yang telah kamu pangkas. Tentu saja, biaya cetak akan semakin hemat. Hitung-hitung untuk mempererat hubungan.

4. Tidak Perlu Disebarkan Sebanyak Mungkin

Kamu juga bisa memilih tips ini. Tidak bisa dipungkiri, terkadang ada orang yang rela merogoh kocek agar undangannya pakai kertas tebal agar terlihat elegan. Jika demikian, tidak masalah. Tapi, kamu hanya perlu mencetak sebagian saja. Khusus untuk keluarga dan kerabat dekat saja.

Selain itu, kamu bisa pilih untuk menyebarkan undangan secara online. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan juga akan terpangkas dengan sendirinya. Akhirnya, desain undangan pernikahan yang dicetak, tidak akan memakan biaya yang besar. Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya sebagai biaya melanjutkan rumah tangga.

Posting Komentar untuk "Tips Cetak Desain Undangan Pernikahan agar Lebih Hemat"